Bansos Covid Kok Dikorupsi, Politisi Demokrat Minta Pemerintah Segera Lakukan Evaluasi

Uncategorized122 Dilihat

Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Didik Mukriyanto mengatakan, korupsi Bantuan Sosial (Bansos) yang dilakukan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara dan kawan-kawannya sangat memprihatinkan.

Karena itu, Pemerintah diminta segera melakukan evaluasi terhadap orang-orang dan program yang dijalankan Kementerian Sosial tersebut.

“Sangat memprihatinkan atas musibah yang terjadi. Di saat kehadiran Kemensos sebagai leading sector pengendalian dampak sosial akibat Covid-19, ternyata ada kejadian yang cukup mengenaskan kita semua yaitu terjadinya dugaan korupsi yang dilakukan Mensos,” tutur Didik Mukriyanto, Senin (07/12/2020).

Menurutnya, masyarakat juga muak dengan perilaku korup yang dipertontonkan oleh Mensos dan para koleganya.

Karena itu, dia berharap, Pemerintah tidak cukup hanya menyerahkan persoalan ini untuk diproses hukum lewat KPK.

“Sebagai Ketua Umum Karang Taruna saya sangat menyesalkan kejadian ini, dan meminta kepada pemerintah untuk mengambil langkah-langkah cepat dan tepat. Untuk mengembalikan kepercayaan rakyat, dan memastikan agar penanganan dampak sosial dan pengentasan persoalan sosial yang ditangani melalui Kemensos ini tidak mengalami gangguan dan kendala sedikitpun,” tutur Didik Mukriyanto.

Langkah yang harus segera dilakukan, lanjutnya, Pemerintah harus segera melakukan evaluasi dan pembenahan mendasar terkait dengan managerial dan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk memastikan semua pelaksanaan program dan kebijakan untuk penanganan permasalah sosial tidak ramah terhadap perilaku korup.

Masyarakat juga sudah menyadari, sudah seringkali terjadi dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan menteri. Belajar dari hal tersebut, pengawasan ketat harus dilakukan.

“Saya juga berharap agar pengawasan dan pengendaliannya diperketat dan dilakukan dengan transparan, akuntable dan professional. Dengan melibatkan sebanyak mungkin partisipasi public,” ujar Didik.

Ke depan, lanjut Didik, KPK juga jangan melempem untuk mengungkap dan memberantas korupsi.

“Yang tidak kalah penting, Penegak Hukum termasuk KPK mampu membongkar tuntas mafia koruptor di Kemensos. Agar tidak terulang dikemudian hari. Kejadian ini sangat memilukan dan memalukan karena menyangkut moral hazard yang paling dasar,” tandas Didik Mukriyanto.(RGR)